Slideshow

Kamis, 24 November 2011

ABSTRAK "GENERATIF"


ABSTRAK


IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS KONTEKSTUAL 
SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN  PRESTASI BELAJAR KIMIA  
SISWA SMA NEGERI 1 RENDANG
TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Oleh : I Gusti Ngurah Mataram, S.Pd, M.Si, NIP. 19700430.199802.1.005

==========================================================

Kurikulum berfungsi sebagai tolak ukur dalam keberhasilan suatu pendidikan disamping juga sebagai pembenahan dalam menata, merancang kualitas pendidikan generasi muda. Namun demikian, temuan menunjukkan bahwa  rendahnya kualitas proses pembelajran yang bermuara pada rendahnya pencapaian kompetensi dasar siswa kelas XF SMA Negeri 1 Rendang tahun Pelajaran 2008/2009. Secara khusus penelitian ini bertujuan unutk meningkatkan kompetensi dasar siswa pada aspek  kognitif dalam pembelajaran kimia, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subyek sebanyak 44 orang siswa kelas XF SMA Negeri 1 Rendang tahun Pelajaran 2008/2009. Objek penelitia ini adalah 1. Kompetensi dasar pada aspek kognitif, dan 2. Respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Data aspek kognitif dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda diperluas dan respon siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia, dapat meningkatkan kompetensi dasar pada aspek kognitif siswa, yaitu dari nilai rata-rata sebesar 68,07 pada siklus I menjadi 72,12 pada siklus II, keduanya berada pada kategori tinggi. Respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia dengan nilai rata-rata dari 53,36 dengan katagori positif pada siklus I dan menjadi 60,66 dengan katagori sangat positif pada siklus II. 
Kata kunci: pembelajaran generatif, Pendekatan Kontekstual, Aspek Kognitif

ABSTRAK, PENELITIAN TINDAKAN KELAS


ABSTRAK

Penggunaan Ranting Kayu Dan Molymod  Dalam Pembelajaran  Kimia Melalui Pendekatan  Delikan Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Siswa   SMA Negeri 1 Redang
Tahun Pelajaran 2009/2010

Oleh    :  I Gusti Ngurah Mataram, S.Pd. M.Si, NIP. 19700430.199802.1.005
==========================================================
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa belum tuntasnya hasil belajar siswa kelas XC semester 1 tahun pelajaran 2009/2010 baik secara individual maupun kelompok/klasikal, sehingga perlu strategi mengajar melalui model pembelajaran dengan pendekatan Delikan  Model belajar Delikan diharapkan mampu memperbaiki hasil belajar / kompetensi dasar dan respon siswa.  Kompetensi dasar yang dimaksud yaitu aspek kognitif, apektif dan psikomotor. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dasar siswa khususnya pada mata pelajaran kimia pada pokok bahasan Hidrokarbon.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang datanya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan subyek sebanyak 35 orang siswa kelas XC semester 2 SMA Negeri 1 Rendang tahun pelajaran  2009/2010. Objek penelitian ini adalah kompetensi dasar pada aspek kognitif, apektif, dan psikomotor serta Respon siswa terhadap model pembelajaran DELIKAN. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus ada tiga kali pertemuan yaitu dua kali pertemuan untuk membahas materi / demonstrasi dan sekali pertemuan untuk evaluasi dan mencari data respon siswa. Data aspek kognitif dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Data pada aspek apektif dan psikomotor diperoleh selama proses pembelajaran berlangsung atau selama pelaksanaan demonstrasi, yang penilaiannya dibantu oleh guru sejenis (MGMP) dan respon siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan kompetensi dasar kimia melalui penerapan model pembelajaran dengan pendekatan DELIKAN menunjukkan hasil yaitu pada aspek kognitif ada peningkatan hasil belajar dari 67,71 dengan ketuntasan klasikal 54,29% pada siklus I, menjadi 74,14 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 85,71% . Pada aspek apektif ada peningkatan sikap siswa mengikuti pembelajaran yaitu dari 11,00 dalam katagori baik pada siklus I, menjadi 13,10 dalam katagori sangat baik pada siklus II. Pada aspek psikomotor juga ada peningkatan keterampilan siswa selama proses pembelajaran yaitu dari 11,41 dalam katagori tinggi pada siklus I, menjadi 13,29 dalam katagori sangat tinggi pada siklus II. Demikian juga pendapat siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan siswa merasa senang dan antusiasismenya tinggi terbukti pada siklus I nilainya sebesar 50,63 (positif), menjadi 60,23 (sangat positif) pada siklus II.

Kata kunci       : Delikan, Kompetensi Dasar

MATERI PERKULIAHAN STATISTIK


MATERI PERKULIAHAN
STATISTIK


Oleh : I Gusti Ngurah Mataram, S.Pd. M.Si


A. Pengantar
Materi yang dibahas dalam mata kuliah Statistik ini adalah : Statistik dan Statistik Pendidikan, Data Statistik dan Data Statistik Kependidikan,  Distribusi Frekuensi, Grafik, Tiga ukuran tendensi (pemusatan data) , Kuartil, Desil, Persentil, UTS, Penyebaran Data, Korelasi antar Variabel, Teknik analisis korelasi, Statistik dalam Penelitian, Pengolahan Data, Uji Hioptesis, Instrumen Penelitian, Pengolahan dan Analisis Data, Analisis Deskriptif, UAS

B. Tujuan
Setelah perkuliahan berakhir, mahasiswa diharapkan dapat :
1.    Menjelaskan Pengertian, penggolongan,cirri khas, fungsi dan kegunaan statisktik.
2.    Menjelaskan Pengertian,  penggolongan dan sifat data statistic
3.    Menjelaskan Pengertian, table distribusi frekuensi dan cara pembuatannya
4.    Menjelaskan pengertian, penggolongan, dan cara pembuatannya.
5.    Menjelaskan Pengertian, mean, median, modus
6.    Menjelaskan Kuartil, Desil, Persentil
7.    UTS
8.    Menjelaskan Pengertian, dan jenis-jenis penyebaran data
9.    Menjelaskan Pengertian, arah dan Peta korelasi,
10. Menjelaskan Teknik analisis korelasi, pengertian, tujuan dan penggolongannya
11. Menjelaskan Pengertian, jenis-jenis penelitian, metodologi dan tahapan penelitian
12. Menjelaskan Pengertian, pengelompokan, metode dan instrument
13. Menjelaskan Pengertian,  Jenis dan cara merumuskan/ menguji hipotesis
14. Menjelaskan Pengertian, Validitas, Cara menguji validitas
15. Menjelaskan Pengertian, analisis dan pengolahan data kuantitatif
16. Menjelaskan Pengertian, Uji Statistik dan analisisnya
17. UAS
C.        Kegiatan Perkuliahan
Mata kuliah ini dilaksanakan dengan metoda dan strategi  yaitu:
1.      Ceramah dan tanya jawab
2.      Diskusi Kelompok, Presentasi
3.      Penugasan secara kelompok dan presentasi atas hasil penelusuran dan melakukan kajian, analisis serta evaluasi
4.      Penugasan secara individual melalui penelusuran dan melakukan kajian, analisis serta evaluasi hasil penelitian.
D.      Evaluasi
Kreteria:
  1. Kreteria evaluasi tugas kelompok dan perorangan dari aspek :
a.       tingkat kejelasan hasil kajian,
b.      analisis dan evaluasi penelusuran hasil penelitian dari aspek: judul penelitian, ruang lingkup, teori yang digunakan, masalah dan hipotesis penelitian, metodologi penelitian, temuan penelitian, kritik dan komentar atas hasil penelitian, judul alternalif yang akan dikembangkan.
  1. Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek :
a.       judul penelitian, ruang lingkup,
b.      teori yang digunakan,
c.       masalah dan hipotesis penelitian,
d.      metodologi penelitian,
e.       temuan penelitian,
f.       kritik dan komentar atas hasil penelitian,
g.      judul alternalif yang akan dikembangkan, serta
h.      rancangan usul penelitian yang akan diajukan.
  1. Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan.
E.       Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester UAS), dengan bobot :
a.       Tugas individual dan tugas kelompok 20 %,
b.      Ujian Tengah Semester 20 % dan
c.       Ujian Akhir Semester 40%.
d.   Aspek Apektif, Psikomotor  20%


F.    Referensi
a.       Anas S. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Pt.RajaGrafindo Persada : Jakarta
b.      Mulyati A. 2000. Strategi Belajar Mengajar. FMIPA UPI. : Bandung
c.       Nasution, 2008. Asas-asas Kurikulum. Pt. Bumi Aksara : Jakarta
d.      Syofian S. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Pt.RajaGrafindo Persada : Jakarta
e.       Singgih S. 2005. Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS. PT. Elex Media Komputindo : Jakarta



Outline Materi Perkuliahan

Pert.
Materi perkuliahan
Proses Perkuliahan
Keterangan
1
Pendahuluan
Kontrak perkuliahan
Statistik dan Statistik Pendidikan
Pengertian, penggolongan, ciri khas, fungsi dan   kegunaan statisktik
Pengantar perkuliahan
Sistem / Kesepakatan Perkuliahan
  1. Perkuliahan dilaksanakan +/- 17 pertemuan tatap muka, (termasuk UTS dan UAS)
  2. Penilaian : Aktivitas, Tugas, UTS, UAS
  3. Bagi mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 75 %,  maka tidak dapat mengikuti ujian.
Diskusi informasi perkuliahan

2
Data Statistik dan Data Statistik Kependidikan
Pengertian,  penggolongan dan sifat data statistik           
Review, Diskusi informasi materi perkuliahan


3
Distribusi Frekuensi
Pengertian, table distribusi frekuensi dan cara pembuatannya
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan


4
Lanjutan
Grafik : pengertian, penggolongan, dan cara pembuatannya.
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan


5
Tiga ukuran tendensi (pemusatan data)  Pengertian, mean, median, modus
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan

6
Kuartil, Desil, Persentil
Review , Diskusi informasi materi perkuliahan
Tugas
7
UTS
Uraian dan Pilihan Ganda

8
Penyebaran Data
Pengertian, dan jenis-jenis penyebaran data
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan

9
Korelasi antar Variabel
Pengertian, arah dan Peta korelasi,
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan

10
Lanjutan
Teknik analisis korelasi, pengertian, tujuan dan penggolongannya
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan


11
Statistik dalam Penelitian
Pengertian, jenis-jenis penelitian, metodologi dan tahapan penelitian
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan


12
Pengolahan Data
Pengertian, pengelompokan, metode dan instrumen
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan

13
Uji Hioptesis
Pengertian,  Jenis dan cara merumuskan/ menguji hipotesis
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan


14
Instrumen Penelitian
Pengertian, Validitas, Cara menguji validitas
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan

15
Pengolahan dan Analisis Data
Pengertian, analisis dan pengolahan data kuantitatif
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan
Tugas
16
Analisis Deskriptif
Pengertian, Uji Statistik dan analisisnya
Review
Diskusi informasi materi perkuliahan

17
 UAS
Uraian dan Pilihan Ganda


statistik PENDIDIKAN


TUGAS MAHASISWA  
MATA KULIAH :  STATISTIK  PENDIDIKAN  (2 SKS)

Buatlah sebuah  Resume Materi dalam bentuk ”Artikel” dengan ketentuan :
  1. Margins : kiri = 4 cm, atas, kanan dan bawah masing-masing 3 cm
  2. Jenis tulisan : Times New Roman
  3. Paper : A4
  4. Spasi : 1,5
  5. Jumlah halaman : minimal 8 halaman dan boleh lebih (lebih baik)
  6. Tulisan dikirim dalam bentuk :
    1. Print Out (tidak dijilid)
    2. Kirim ke e-mail : ramgusti@yahoo.com atau boleh CD
  7. Batas waktu Pengumpulan  : makin cepat makin baik dan paling lambat Tanggal 26 Nopember 2011
  8. Contoh koper depan                           Contoh halaman berikutnya






JUDUL
(yg dipilih)

Nama       : …………….
NIM        : ……………..
Semester : …………
Jurusan    : …………..
Kelas       : …………….

IKIP PGRI DENPASAR
1
 

JUDUL
(yg dipilih)

(diisi sub judul)
        ..............................
………………………..
        …………………..
……………. Dst


2
 
 













Judul yang dipilih :
  1. Statistik Pendidikan
  2. Statistika Pendidikan
  3. Data Statistik Pendidikan
  4. Fungsi dan Kegunaan Statistik
  5. Alat pengumpul data statistik
  6. Distribusi Frekuensi
  7. Tabel Distribusi Frekuansi
  8. Grafik sebagai alat Evaluasi
  9. Penyebaran Data
  10. Teknik Analisis Korelasi, Pengertian dan  Tujuan
  11. Korelasi Product Moment
  12. Teknik Korelasi Phi (Phi Koefficient Correlation)
  13. T-tes sebagai teknik analisis Komparasional Bivariant
  14. Modus
  15. Median
  16. Standar Deviasi (simpangan Baku)
  17. Kuartil, Desil, Persentil
  18. Statistik Pendidikan
  19. Statistika Pendidikan
  20. Data Statistik Pendidikan
  21. Fungsi dan Kegunaan Statistik
  22. Alat pengumpul data statistik
  23. Distribusi Frekuensi
  24. Tabel Distribusi Frekuansi
  25. Grafik sebagai alat Evaluasi
  26. Penyebaran Data
  27. Teknik Analisis Korelasi, Pengertian dan  Tujuan
  28. Korelasi Product Moment
  29. Teknik Korelasi Phi (Phi Koefficient Correlation)
  30. T-tes sebagai teknik analisis Komparasional Bivariant
  31. Modus
  32. Median
  33. Standar Deviasi (simpangan Baku)
  34. Kuartil, Desil, Persentil