Slideshow

Jumat, 09 Maret 2012

BUAH SALAK


PEMANFAATAN BUAH SALAK 
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN


A. NAMA  ALAT  PERAGA
            Proses pembuatan dodol salak dalam memahami sifat-sifat koloid

B. TUJUAN
1.      Siswa dapat memahami sifat-sifat koloid
2.      Siswa mengenal cara pembuatan koloid
3.      Siswa dapat mempraktikkan dirumah atau dimasyarakat dalam     pemanfaatan buah salak yang harganya sangat murah dimusim panen

C. STANDAR KOMPETENSI :
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam
    kehidupan sehari-hari.

D. KOMPETENSI DASAR
                5.1. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di
                   sekitarnya.

E. INDIKATOR
            Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di laboratorium


 

G. MANFAAT
1.      Bagi siswa yaitu dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran  Koloid dan sifat-sifatnya, sehingga prestasi belajar diharapkan akan meningkat pula
2.      Bagi Guru yaitu sebagai bahan acuan atau pedoman yang bersifat alternative untuk dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan lingkungan disekitar sekolah
3.      Bagi Sekolah yaitu dapat bermanfaat bagi pengembangan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran sistem koloid

H.  RANCANGAN / DESAIN PEMBUATAN
1. Alat-alat yang digunakan
            Alat-alat yang digunakan dalam penelitian ini disajikan dalam tabel 1.
Tabel 1.  Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan dodol
                salak
No
Nama alat
Jumlah
1.
2.
3.
4.
5.
6.

Panci/ baskom
Sendok alat pengaduk
Alat penggiling (waring blender)
Kompor dan alat pengukus
Cetakan
Bungkusan kertas, plastik, kulit jagung (Ganda : Bhs. Bali)
2 buah
2 buah
1 buah
1 buah
2  buah
secukupnya


2.  Bahan-bahan yang diperlukan
            Bahan-bahan yang diperlukan dalam penelitian ini ada pada tabel 2 berikut,
     Tabel 2. Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan dodol
                    salak
No
Uraian
Jumlah
1.
Buah salak
3 Kg
2.
Gula Pasir
250 gram
3.
Tepung ketan
500 gram
4.
Santan Kelapa
1 liter
5.
Minyak Kelapa
Secukupnya
6.
Garam
Secukupnya
7.
Air
Secukupnya
8.
Zat aditif (panili)
Secukupnya
9.
Daun suji
Secukupnya


I.  PELAKSANAAN PEMBUATAN
            Proses pembuatan dodol salak dari buah salak  adalah sebagai berikut.
  1. Mula-mula buah salak yang telah matang dikupas kulitnya  sampai kulit arinya dan dicuci. Kemudian daging buah dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil agar lebih mudah untuk digiling
  2. Potongan-potongan buah salak tersebut dikukus kemudian dihaluskan dengan diblender sehingga diperoleh bubur buah salak.
  3. Bubur buah salak ini dicampur dengan tepung ketan ( 0.5 : 3 ) artinya 1/2 bagian tepung ketan dengan 3 bagian bubur buah salak, kemudian di masak, dan ditambahkan  kapur tohor (CaO) secukupnya (+/- 3 gram)
  4. Sambil dimasak, dapat dicampurkan gula, garam  dan santan secukupnya. Campuran tersebut terus diaduk hingga merata dan memperoleh tekstur pasta liat. Diusahakan dalam memasak api tidak terlalu besar atau kecil karena akan berpengaruh terhadap kualitas dodol. Jika api terlalu besar dodol akan terasa hangus atau sebaliknya. Sehingga antara api dan pengadukan harus  terus dikontrol .
  5. Jika sudah hampir 5 jam atau  adonan telah seperti tekstur  pasta liat, didinginkan kemudian  siap untuk dicetak.
  6. Bila campuran dodol tersebut sudah dalam keadaan dingin dan agak keras bagian luarnya, dapat dikemas dalam kertas minyak yang dilapisi plastik untuk menghindari penguapan atau masuknya uap air dari lingkungan.
  7. Dodol siap untuk dipasarkan
  8. Daya simpan dodol berkisar antara 3 – 5 bulan
Skema pembauatn dodol Buah Salak dapat dibuat diagram senagai berikut :



 


















JURNAL DOSEN


FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 (IKIP) PGRI BALI
Alamat : Jl. Akasia, Denpasar, Telp. 0361 9106879
========================================================================
JURNAL DOSEN
SEMESTER IV TAHUN AKADEMIK 2011/2012

Fakultas                       : Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi             : Pendidikan bahasa Indonesia dan Daerah
Bidang ilmu                 : Pendidikan Bahasa dan Sastra Bali
Mata Kuliah                : STATISTIK
Jumlah SKS                 : 2 sks
Dosen pengampu         : I Gusti Ngurah Mataram, S.Pd. M.Si
Hari terjadwal             : Sabtu
Semester/Kelas            : IV / C, D

Jadwal Perkuliahan :
Pertemuan Ke
Hari/Tanggal
Materi
Paraf
1

Pendahuluan, Pengantar  perkuliahan
Pengertian, penggolongan,cirri khas, fungsi dan kegunaan statisktik.

2

Pengertian,  penggolongan dan sifat data statistic

3

Pengertian, table distribusi frekuensi dan cara pembuatannya

4

pengertian, penggolongan, dan cara pembuatannya

5

Menjelaskan Pengertian, mean, median, modus

6

Kuartil, Desil, Persentil

7

UTS

8

Pengertian, dan jenis-jenis penyebaran data

9

Pengertian, arah dan Peta korelasi

10

Teknik analisis korelasi, pengertian, tujuan dan penggolongannya

11

Pengertian, jenis-jenis penelitian, metodologi dan tahapan penelitian

12

Pengertian, pengelompokan, metode dan instrument

13

Pengertian,  Jenis dan cara merumuskan/ menguji hipotesis

14

Pengertian, Validitas, Cara menguji validitas

15

Pengertian, analisis dan pengolahan data kuantitatif

16

Pengertian, Uji Statistik dan analisisnya

17

UAS








SAP Statistik


FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 (IKIP) PGRI BALI
Alamat : Jl. Akasia, Denpasar, Telp. 0361 9106879
========================================================================
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Fakultas                       : Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi             : Pendidikan bahasa Indonesia dan Daerah
Bidang ilmu                : Pendidikan Bahasa dan Sastra Bali
Mata Kuliah                : STATISTIK
Jumlah SKS                : 2 sks
Dosen pengampu        : I Gusti Ngurah Mataram, S.Pd. M.Si
Hari terjadwal             : Sabtu
Semester/Kelas            : IV / C, D

I.         Pengantar
Statistik Pendidikan  merupakan rangkaian dari mata kuliah yang dijabarkan dari pengembangan kompetensi pedagogik/andragogik atau kemampuan dalam melakukan pembelajaran. Kompetensi ini merupakan kekhasan dalam pengembangan profesi sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan yang profesional. Atas dasar tersebut mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang bagaimana menganalisis data yang benar berdasarkan atas pemahaman hasil evaluasi secara konseptual, pengembangan dan pemilihan alat evaluasi, melakukan pengumpulan data, pemahaman cara mengolah dan melakukan analisis data.
Tujuan yang ingin dicapai  dalam pengajaran statistic pendidikan adalah 1). Agar mahasiswa dapat memahami dan mengerti beberapa istilah statistic dan manfaatnya, 2). Dapat (mampu) menggunakan statistic (sebagai alat bantu)  dalam penyusunan laporan penelitian, 3). Dapat (mampu) menggunakan rumus-rumus dan teknik-teknik analisis statistic dalam penyusunan laporan penelitian, 4). Memiliki sikap teliti dan cermat dalam menerima dan mengemukakan sesuatu
Untuk mencapai pemahaman di atas, para mahasiswa diharapkan mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan tugas sesuai dengan pengalaman belajar yang akan dikuasai oleh mahasiswa.
II.           KOMPETENSI
2.1 Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai dan terampil dalam melakukan analisis dan pengolahan data statistik dalam satuan pendidikan yang didukung oleh sikap positif dan objektif dalam setiap tahapan evaluasi yang dilakukan.
2.2 Kompetensi Dasar:
Mahasiswa memiliki kemampuan dalam hal :
1.      Memahami dan mengerti beberapa istilah statistic dan manfaatnya,
2.      Menggunakan statistic (sebagai alat bantu)  dalam penyusunan laporan penelitian,
3.      Menggunakan rumus-rumus dan teknik-teknik analisis statistic dalam penyusunan laporan penelitian,
4.      Memiliki sikap teliti dan cermat dalam analisis data statistik
  1. Mengolah dan menganalisis data hasil evaluasi
III.        Deskripsi Perkuliahan
Materi perkuliahan evaluasi pengajaran membahas tentang  :
1.      Penggolongan,cirri khas, fungsi dan kegunaan statisktik.
2.      Penggolongan dan sifat data statistic
3.      Table distribusi frekuensi dan cara pembuatannya
4.      Penggolongan, dan cara pembuatannya.
5.      Mean, median, modus
6.      Kuartil, Desil, Persentil
7.      UTS
8.      Jenis-jenis penyebaran data
9.      Arah dan Peta korelasi,
10.  Teknik analisis korelasi, pengertian, tujuan dan penggolongannya
11.  Jenis-jenis penelitian, metodologi dan tahapan penelitian
12.  Pengelompokan, metode dan instrument
13.   Jenis dan cara merumuskan/ menguji hipotesis
14.  Validitas, Cara menguji validitas
15.  Analisis dan pengolahan data kuantitatif
16.  Uji Statistik dan analisisnya
17.  UAS
IV.        Tujuan
Setelah perkuliahan berakhir, mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan penggolongan,cirri khas, fungsi dan kegunaan statisktik.
2.      Menjelaskan  penggolongan dan sifat data statistic
3.      Menjelaskan table distribusi frekuensi dan cara pembuatannya
4.      Menjelaskan penggolongan, dan cara pembuatannya.
5.      Menjelaskan mean, median, modus
6.      Menjelaskan Kuartil, Desil, Persentil
7.      UTS
8.      Menjelaskan jenis-jenis penyebaran data
9.      Menjelaskan arah dan Peta korelasi,
10.  Menjelaskan Teknik analisis korelasi, pengertian, tujuan dan penggolongannya
11.  Menjelaskan jenis-jenis penelitian, metodologi dan tahapan penelitian
12.  Menjelaskan pengelompokan, metode dan instrument
13.  Menjelaskan  Jenis dan cara merumuskan/ menguji hipotesis
14.  Menjelaskan Validitas, Cara menguji validitas
15.  Menganalisis dan pengolahan data kuantitatif
16.  Menjelaskan Uji Statistik dan analisisnya
17.  UAS

V.           Strategi  Perkuliahan
Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui strategi:
1.      Tatap Muka di kelas
Perkuliahan dilakukan sekurang-kurangnya sebanyak 17 kali pertemuan. (termasuk UTS, UAS)
Pada kegiatan tatap muka ini dilakukan:
a.       pengkajian dan pendalaman tentang konsep-konsep statistic, pengertian, jenis, pengolahan, analisis data dan manfaatnya
b.      Latihan-latihan untuk meningkatkan ketrampilan dalam menginterpretasikan hasil analisis data statistic melalui penelitian pendidikan
2. Penugasan Terstruktur
Tugas terstruktur dilakukan oleh mahasiswa yang didasarkan atas perkembangan pengkajian materi yang dilakukan.
3. Belajar Mandiri
Untuk menguatkan kemampuan mahasiswa, diharapkan mahasiswa melakukan kajian mandiri yang didasarkan atas bahasan yang sedang dikaji bersama melalui hasil penelitian
VI.   Evaluasi
Kreteria:
  1. Kriteria evaluasi tugas kelompok dan perorangan dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan pengolahan data hasil penelitian
2.      Analisis dan evaluasi penelusuran hasil penelitian
  1. Presentasi kelompok ditinjau dari : teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan hasil penelitian
VII.Hasil Evaluasi: