ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA
MELALUI PENDEKATAN TES
Oleh : I Gusti Ngurah Mataram, S.Pd. M.Si, , NIP.
19700430.199802.1.005
==========================================================
Kurikulum pada prinsipnya berfungsi sebagai tolak
ukur dalam keberhasilan suatu pendidikan dan pembenahan dalam menata, merancang kualitas
pendidikan anak bangsa. Namun demikian, temuan menunjukkan bahwa masih rendahnya kualitas proses pembelajaran
yang bermuara pada rendahnya pencapaian kompetensi dasar siswa. Secara khusus
penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, apektif, psikomotor siswa dalam
pembelajaran kimia, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran
dengan pendekatan TES untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas yang melibatkan subyek sebanyak 33 orang siswa kelas XI PSIA-3 SMA Negeri
1 Rendang tahun Pelajaran 2010/2011. Objek penelitian ini adalah kompetensi dasar pada aspek kognitif, apektif,
psikomotor dan respon siswa terhadap
pembelajaran dengan pendekatan TES. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan
dalam tiga siklus. Data aspek kognitif dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil
belajar berupa soal pilihan ganda dan respon siswa dikumpulkan dengan
menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran dengan pendekatan TES dalam pembelajaran kimia, dapat meningkatkan
kompetensi dasar pada aspek kognitif siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari
nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 57,58 (33,33%) pada siklus I, 66,67
(51,52%) pada siklus II dan 76,36 (100%) pada siklus III. Pada aspek apektif diperoleh nilai
rata-rata 9,47 dengan katagori cukup baik (48,48%) pada siklus I. Pada siklus
II diperoleh nilai rata-rata 11,20 dengan katagori baik (57,58%) dan pada siklus III diperoleh nilai sebesar 13,19 dengan katagori sangat
baik (60,61%). Pada aspek psikomotor diperoleh nilai
rata-rata 8,43 dengan katagori kurang tinggi (48,48%) pada siklus I, pada
siklus II nilai rata-rata 10,11 dengan
katagori cukup tinggi (57,58%) dan pada siklus III nilai rata-rata 12,10 dengan
katagori tinggi (60,61%). Demikian halnya dengan respon siswa
terhadap pembelajaran melalui pendekatan TES diperoleh nilai rata-rata 37,18 dengan katagori kurang positif (57,58%) pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 46,36 ada
pada katagori cukup positif (57,58%), Pada
siklus III diperoleh nilai rata-rata 55,27 dengan katagori positif (63,64%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran
dengan pendekatan TES dapat diterima siswa dalam upaya meningkatkan hasil
belajar yang lebih baik.
Kata kunci: Pembelajaran TES, Hasil Belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar