IMPLEMENTASI MODEL
PEMBELAJARAN GENERATIF
BERBASIS KONTEKSTUAL
SEBAGAI UPAYA
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Oleh : I Gusti Ngurah Mataram
==========================================================
Kurikulum pada prinsipnya sebagai pondasi
dalam keberhasilan suatu pendidikan disamping juga sebagai pembenahan dalam
menata, merancang kualitas pendidikan anak bangsa. Namun demikian, temuan
menunjukkan bahwa masih rendahnya kualitas
proses pembelajran yang bermuara pada rendahnya pencapaian kompetensi dasar
siswa. Secara khusus
penelitian ini bertujuan unutk meningkatkan kompetensi dasar siswa pada
aspek kognitif dalam pembelajaran kimia,
serta mendeskripsikan respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran
generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan
larutan elektrolit dan non elektrolit dan reaksi reduksi dan oksidasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang melibatkan su
byek sebanyak 44 orang siswa kelas XF SMA
Negeri 1 Rendang. Objek penelitian ini adalah kompetensi dasar pada
aspek kognitif dan respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran
generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia. Penelitian tindakan
kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Data aspek kognitif dikumpulkan dengan
menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda diperluas dan respon
siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul
selanjutnya dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam
pembelajaran kimia, dapat meningkatkan kompetensi dasar pada aspek kognitif
siswa, yaitu dari nilai rata-rata sebesar 68,07
pada siklus I menjadi 72,12 pada
siklus II, keduanya berada pada kategori tinggi. Respon siswa terhadap
implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam
pembelajaran kimia dengan nilai rata-rata dari 53,36 dengan katagori positif pada siklus I dan menjadi 60,66 dengan katagori sangat positif pada siklus II.
Kata kunci: pembelajaran generatif,
Pendekatan Kontekstual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar