UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA
MELALUI PENDEKATAN TES SISWA KELAS XI PSIA-3 SMA NEGERI 1 RENDANG TAHUN
PELAJARAN 2010/2011
(I Gusti Ngurah Mataram, SMAN 1 Rendang)
ABSTRAK
Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang melibatkan subyek sebanyak 33 orang. Objek penelitian ini
adalah kompetensi dasar pada aspek
kognitif, apektif, psikomotor dan respon
siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan TES. Penelitian tindakan kelas
ini dilakukan dalam tiga siklus. Data aspek kognitif dikumpulkan dengan
menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan respon siswa
dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya
dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran dengan pendekatan TES dalam pembelajaran kimia, dapat meningkatkan
kompetensi dasar pada aspek kognitif siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari
nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 57,58 (33,33%) pada siklus I,
66,67 (51,52%) pada siklus II dan 76,36 (100%) pada siklus III. Pada aspek
apektif diperoleh nilai rata-rata 9,47 dengan katagori cukup baik (48,48%) pada
siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 11,20 dengan katagori baik (57,58%) dan pada siklus III diperoleh nilai sebesar 13,19 dengan katagori
sangat baik (60,61%). Pada aspek psikomotor diperoleh nilai rata-rata 8,43
dengan katagori kurang tinggi (48,48%) pada siklus I, pada siklus II nilai rata-rata 10,11 dengan katagori cukup tinggi
(57,58%) dan pada siklus III nilai rata-rata 12,10 dengan katagori tinggi
(60,61%). Demikian halnya dengan respon siswa terhadap pembelajaran melalui
pendekatan TES diperoleh nilai rata-rata
37,18 dengan katagori kurang
positif (57,58%) pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 46,36 ada
pada katagori cukup positif (57,58%),
Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 55,27 dengan katagori positif
(63,64%). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pembelajaran dengan pendekatan TES dapat diterima siswa dalam upaya
meningkatkan hasil belajar yang lebih baik.
Kata kunci: Pembelajaran TES, Hasil Belajar
ABSTRACT
This research is a classroom action research
involving subjects 33 people. Object of
this research is basic competency in cognitive, apektif,
psychomotor learning and students' response to
the TES approach. Action research was conducted in three cycles. Data
collected using the cognitive achievement test in the form of multiple choice questions and student responses were collected using a questionnaire. The
data has been collected then
analyzed descriptively.
The results showed that the learning approach in learning chemistry TES, to
improve basic competencies in
the cognitive aspects of students. It can be
seen from the average value obtained
by students at 57.58 (33.33%) in the
first cycle, 66.67 (51.52%)
in the second cycle and 76.36 (100%) in the
third cycle. In the aspect apektif values obtained with the 9.47 average
category quite well (48.48%) in Cycle I.
In the second cycle the average values obtained with the category of either 11.20
(57.58%) and the
third cycle obtained a value of
13.19 with the excellent
category (60.61%). In the psychomotor aspects
of the average values obtained
with the category of less than 8.43 high (48.48%)
in the first cycle, the second cycle
average value of 10.11 with a high enough category
(57.58%) and the
third cycle value an average of
12.10 with a high
category (60.61%). Similarly, the students'
response to learning through TES
approach obtained 37.18 average with
less positive category (57.58%) in Cycle I.
In the second cycle values obtained
46.36 average for
the category were positive (57.58%), the third
cycle values obtained average
55.27 with the
positive category (63.64%).
The results showed that the learning approach acceptable TES students in an
effort to improve learning outcomes for the better.
Keywords: TES Learning, Learning Outcomes
Keywords: TES Learning, Learning Outcomes
Tidak ada komentar:
Posting Komentar