IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVE UNTUK
MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI
PENDEKATAN P4
(Oleh : I
Gusti Ngurah Mataram, SMAN 1 Rendang, ramgusti@yahoo.com)
Abstrak
Berkualitas tidaknya anak bangsa tidak terlepas
dari kualitas pendidikan itu sendiri. Pendidikan sebagai suatu proses menuju
perubahan pada prinsipnya sebagai potret keberhasilan suatu bangsa. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, psikomotor dan respon siswa terhadap model pembelajaran SAVE melalui
pendekatan P4. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas yang melibatkan subjek sebanyak 25 orang siswa. Objek penelitian ini
adalah kompetensi dasar pada aspek
kognitif, afektif, psikomotor dan respon
siswa terhadap model pembelajaran SAVE melalui pendekatan P4 dengan tiga siklus
pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
pembelajaran SAVE melalui pendekatan P4 dalam pembelajaran kimia dapat
meningkatkan kompetensi dasar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai
rata-rata tes awal yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 62,32 (28,00%).
Nilai rata-rata pada siklus I 64,40 (52,00%), nilai rata-rata pada siklus II
69,60 (80,00%), dan nilai rata-rata pada
siklus III 78,00 (100%). Pada aspek afektif
diperoleh nilai rata-rata 8,89 dengan katagori kurang (52,00%) pada siklus I.
Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 10,16 dengan katagori cukup baik (64,00%) dan pada siklus III 11,55 dengan katagori baik (52,00%). Pada aspek psikomotor
diperoleh nilai rata-rata 8,25 dengan katagori kurang tinggi (52,00%) pada
siklus I, pada siklus II nilai rata-rata
9,83 dengan katagori cukup tinggi (56,00%) dan pada siklus III nilai rata-rata
11,96 dengan katagori tinggi (60,00%). Demikian halnya dengan respon siswa
diperoleh nilai rata-rata 37,88 dengan
katagori kurang positif (56,00%)
pada siklus I. Pada siklus II diperoleh
nilai rata-rata 47,48 ada pada katagori cukup positif (60,00%). Pada siklus III
diperoleh nilai rata-rata 56,68 dengan katagori positif (64,00%). Jadi Penggunaan model pembelajaran SAVE
dengan pendekatan P4 dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.
Kata kunci: Pembelajaran SAVE, Hasil
Belajar, Pendekatan P4
Abstract
Qualified or not the nation is inseparable from the
quality of the education itself. Education as a process leading to change in
principle as a portrait of a nation's success. This study aims to improve
student learning outcomes in the cognitive, affective, and psychomotor learning
model students' response SAVE P4 approach. This
research is a classroom action research involving the subject as many as 25
students. Object of this research is basic competency in cognitive, affective,
and psychomotor learning model students' response SAVE P4 approach with three
cycles of learning.
The results showed that the learning model P4
SAVE approach to learning chemistry can improve the student's basic competence.
It can be seen from the average value obtained preliminary tests students on
aspects of cognitive 62.32 (28.00%). The average value in the first cycle 64.40
(52.00%), the average value of the second cycle 69.60 (80.00%), and the average
value of the third cycle 78.00 (100%). In the affective aspect of the average
values obtained with the category of less than 8.89 (52.00%)
in Cycle I. In the second cycle the average values obtained 10.16 by category quite well (64.00%) and
11.55 in the third cycle with either category (52.00%). In the psychomotor aspects
of the average values obtained with the category of less than 8.25 high
(52.00%) in the first cycle, the second cycle average value of 9.83 with a
category is quite high (56.00%) and the third cycle value an average of 11.96
with a high category (60.00%). Likewise with student responses obtained average
value 37.88 with less positive category (56.00%) in Cycle I. In the second
cycle values obtained 47.48 average for the category were positive
(60.00%). In the third cycle the average values obtained
56.68 with the positive category (64.00%). So learning model Use SAVE P4
approach can improve the quality of student learning outcomes.Keywords: SAVE Learning, Learning Outcomes, Approaches P4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar