Slideshow

Sabtu, 16 Maret 2013

MODEL BELAJAR SAVE


IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVE UNTUK MENINGKATKAN 
HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI  PENDEKATAN P4
(Oleh : I Gusti Ngurah Mataram, SMAN 1 Rendang, ramgusti@yahoo.com)
Abstrak
Berkualitas tidaknya anak bangsa tidak terlepas dari kualitas pendidikan itu sendiri. Pendidikan sebagai suatu proses menuju perubahan pada prinsipnya sebagai potret keberhasilan suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek  kognitif, afektif, psikomotor dan  respon siswa terhadap model pembelajaran SAVE melalui pendekatan P4. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek sebanyak 25 orang siswa. Objek penelitian ini adalah  kompetensi dasar pada aspek kognitif, afektif, psikomotor dan  respon siswa terhadap model pembelajaran SAVE melalui pendekatan P4 dengan tiga siklus pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVE melalui pendekatan P4 dalam pembelajaran kimia dapat meningkatkan kompetensi dasar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata tes awal yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 62,32 (28,00%). Nilai rata-rata pada siklus I 64,40 (52,00%), nilai rata-rata pada siklus II 69,60  (80,00%), dan nilai rata-rata pada siklus III  78,00 (100%). Pada aspek afektif diperoleh nilai rata-rata 8,89 dengan katagori kurang (52,00%) pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 10,16 dengan katagori  cukup baik (64,00%) dan pada siklus III  11,55 dengan katagori  baik (52,00%). Pada aspek psikomotor diperoleh nilai rata-rata 8,25 dengan katagori kurang tinggi (52,00%) pada siklus I, pada siklus II  nilai rata-rata 9,83 dengan katagori cukup tinggi (56,00%) dan pada siklus III nilai rata-rata 11,96 dengan katagori tinggi (60,00%). Demikian halnya dengan respon siswa diperoleh nilai rata-rata  37,88 dengan katagori kurang positif (56,00%) pada siklus I. Pada  siklus II diperoleh nilai rata-rata 47,48 ada pada katagori cukup positif (60,00%). Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 56,68 dengan katagori positif (64,00%).  Jadi Penggunaan model pembelajaran SAVE dengan pendekatan P4 dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.
Kata kunci: Pembelajaran  SAVE, Hasil Belajar, Pendekatan P4

Abstract
Qualified or not the nation is inseparable from the quality of the education itself. Education as a process leading to change in principle as a portrait of a nation's success. This study aims to improve student learning outcomes in the cognitive, affective, and psychomotor learning model students' response SAVE P4 approach. This research is a classroom action research involving the subject as many as 25 students. Object of this research is basic competency in cognitive, affective, and psychomotor learning model students' response SAVE P4 approach with three cycles of learning.
The results showed that the learning model P4 SAVE approach to learning chemistry can improve the student's basic competence. It can be seen from the average value obtained preliminary tests students on aspects of cognitive 62.32 (28.00%). The average value in the first cycle 64.40 (52.00%), the average value of the second cycle 69.60 (80.00%), and the average value of the third cycle 78.00 (100%). In the affective aspect of the average values ​​obtained with the category of less than 8.89 (52.00%) in Cycle I. In the second cycle the average values ​​obtained 10.16 by category quite well (64.00%) and 11.55 in the third cycle with either category (52.00%). In the psychomotor aspects of the average values ​​obtained with the category of less than 8.25 high (52.00%) in the first cycle, the second cycle average value of 9.83 with a category is quite high (56.00%) and the third cycle value an average of 11.96 with a high category (60.00%). Likewise with student responses obtained average value 37.88 with less positive category (56.00%) in Cycle I. In the second cycle values ​​obtained 47.48 average for the category were positive (60.00%). In the third cycle the average values ​​obtained 56.68 with the positive category (64.00%). So learning model Use SAVE P4 approach can improve the quality of student learning outcomes.
Keywords: SAVE Learning, Learning Outcomes, Approaches P4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar