MATERI PERKULIAHAN
EVALUASI PENGAJARAN
(I Gusti Ngurah Mataram, S.Pd. M.Si)
ramgusti@yahoo.com, 081338157123
A. Pengantar
Evaluasi pembelajaran merupakan rangkaian dari mata kuliah yang dijabarkan dari pengembangan kompetensi pedagogik/andragogik atau kemampuan dalam melakukan pembelajaran. Kompetensi ini merupakan kekhasan dalam pengembangan profesi sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan. Atas dasar tersebut mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang bagaimana melakukan evaluasi yang benar yang didasarkan atas pemahaman evaluasi pembelajaran secara konseptual, pemahaman tentang pengembangan dan pemilihan alat evaluasi, pemahaman tentang cara melakukan evaluasi, pemahaman cara melakukan pengumpulan data, pemahaman cara mengolah dan melakukan analisis data, pemahaman dalam melaporkan dan menyusun rekomendasi dari evaluasi yang telah dilakukan.
Untuk mencapai pemahaman di atas, para mahasiswa diharapkan mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan tugas sesuai dengan pengalaman belajar yang akan dikuasai oleh mahasiswa.
KOMPETENSI
Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai dan terampil dalam melakukan evaluasi pembelajaran dalam satuan pendidikan yang didukung oleh sikap positif dan objektif dalam setiap tahapan evaluasi yang dilakukan.
Kompetensi Dasar:
Mahasiswa memiliki kemampuan dalam hal :
- Mendefinisikan evaluasi pembelajaran
- Mengembangkan alat evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, baik berupa tes maupun bukan tes.
- Menguji alat evaluasi berdasarkan kaidah validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan berbagai pendekatan.
- Mengolah dan menganalisis data hasil alat evaluasi, baik berupa hasil tes maupun hasil bukan tes.
- Menyusun laporan dan memberikan rekomendasi hasil evaluasi terhadap para pengambil kebijakan yang berkepentingan.
B. Tujuan
Setelah perkuliahan berakhir, mahasiswa diharapkan dapat :
- Menjelaskan konsep dasar evaluasi pengajaran
- Menjelaskan konsep dasar standar penilaian
- Menjelaskan standar penilaian menurut SNP
- Menjelaskan karakteristik, model dan pendekatan evaluasi pembelajaran
- Menjelaskan prosedur pengembangan evaluasi pembelajaran
- Menjelaskan sistem pengembangan instrument evaluasi
- UTS
- Menjelaskan instrument evaluasi nontes
- Menjelaskan penilaian berbasis kelas
- Menjelaskan penilaian portofolio
- Menjelaskan teknik pengolahan hasil evaluasi
- Menjelaskan analisis kualitas tes dan butir soal
- Menjelaskan analisis hasil tes
- Menjelaskan manfaat hasil evaluasi
- Menjelaskan evaluasi diri dalam pembelajaran
- Menjelaskan observasi sebagai alat evaluasi
- UAS
C. Strategi Perkuliahan
Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui strategi:
1. Tatap Muka di kelas
Perkuliahan dilakukan sekurang-kurangnya sebanyak 17 kali pertemuan. (termasuk UTS, UAS)
Pada kegiatan tatap muka ini dilakukan:
- Melakukan pengkajian dan pendalaman tentang konsep konsep evaluasi pembelajaran dan peristilahan yang terkait dengan evaluasi pembelajaran.
- Latihan-latihan untuk meningkatkan ketrampilan dalam menyusun, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil analisis.
- Pembahasan tugas yang disampaikan oleh mahasiswa.
2. Penugasan Terstruktur
Tugas terstruktur dilakukan oleh mahasiswa yang didasarkan atas perkembangan pengkajian materi yang dilakukan.
3. Belajar Mandiri
Untuk menguatkan kemampuan mahasiswa, diharapkan mahasiswa melakukan kajian mandiri yang didasarkan atas bahasan yang sedang dikaji bersama.
D. Evaluasi
Kreteria:
- Kriteria evaluasi tugas kelompok dan perorangan dari aspek :
a. Tingkat kejelasan hasil kajian,
b. Analisis dan evaluasi penelusuran hasil penelitian dari aspek: judul penelitian, ruang lingkup, teori yang digunakan, masalah dan hipotesis penelitian, metodologi penelitian, temuan penelitian, kritik dan komentar atas hasil penelitian, judul alternalif yang akan dikembangkan.
- Kriteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek :
a. Judul penelitian, ruang lingkup,
b. Teori yang digunakan,
c. Masalah dan hipotesis penelitian,
d. Metodologi penelitian,
e. Temuan penelitian,
f. Kritik dan saran atas hasil penelitian,
g. Judul alternalif yang akan dikembangkan, serta
h. Rancangan usul penelitian yang akan diajukan.
- Presentasi kelompok ditinjau dari : teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan.
E. Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupakan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), dengan bobot :
a. Tugas individual dan tugas kelompok 20 %,
b. Ujian Tengah Semester 20 % dan
c. Ujian Akhir Semester 40%.
d. Aspek Apektif, Psikomotor selama perkuliahan 20%
d. Aspek Apektif, Psikomotor selama perkuliahan 20%
Referensi,
- Profesi Kependidikan
- Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan
- Strategi dan Metoda Pengajaran
- Manajemen Berbasis Sekolah
- Panduan Pengembangan Profesi Guru
- Undang-undang RI. No. 20/2003 tentang Sisdiknas
- Dasar-dasar Didaktik dan Penerapannya dalam Pembelajaran
- Wawasan Kependidikan
- Inovasi Kepemimpinan dan Pemberdayaan Masyarakat
- Inovasi Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme
- Pengembangan Profesi Guru
- Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru
- Filsafat Ilmu
- Asas-asas Kurikulum
- Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan
- Evaluasi Pembelajaran
- Evaluasi Pengajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar