CONTOH SOAL UKG ONLINE
VERSI :
ramgusti@blodspot.com, IKIP PGRI BALI
I. Pilih satu jawaban yang paling tepat dengan
memberi silang pada soal berikut !
1.
Suatu alat yang
berisi serangkaian tugas / soal-soal
yang harus dikerjakan / dijawab untuk
mengukur tingkat kompetensi peserta didik disebut ....
a.
Tes c. Pengukuran
b.
Evaluasi d. Penilaian
2.
Suatu proses atau
kegiatan untuk menentukan kualitas
sesuatu (peserta didik, guru, sarana sekolah, dsb) disebut ...
a.
Tes c.
Pengukuran
b.
Evaluasi d. Penilaian
3.
Suatu proses atau
kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi
tentang proses dan hasil belajar peserta didik berdasarkan kriteria yang ada
disebut ....
a.
Tes c. Pengukuran
b.
Evaluasi d. Penilaian
4. Suatu proses
yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dan arti)
dari sesuatu berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka
pembuatan keputusan disebut …..
a.
Tes c.
Pengukuran
b.
Evaluasi d.
Penilaian
5.
Untuk membantu
peserta didik, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan peserta didik, menilai
efektivitas strategis pembelajaran, menilai dan meningkatkan program kurikulum,
menurut Kellough dalam Swearingen(2006) adalah tujuan dari ....
a.
Tes c.
Pengukuran
b.
Evaluasi d. Penilaian
6.
Sebagai alat ukur
terhadap tingkat kemampuan pebelajar dalam menguasai materi pelajaran yang
telah disampaikan, adalah fungsi dari ....
a.
Tes c. Pengukuran
b.
Evaluasi d. Penilaian
7.
Pada proses
pembelajaran, guru mengajukan pertanyaan-pertanyanaan lisan kepada pebelajar
untuk mengevaluasi apakah mereka dapat
mengerti materi yang menjadi pembahasan. Pilihan pertanyaan lisan tadi
didasarkan atas ....
a.
Fungsi evaluasi
b.
Tujuan evaluasi
c.
Azas evaluasi
d.
Bentuk evaluasi
8.
Dengan
melaksanakan tes formatif, guru bermaksud mendapatkan umpan balik hasil
evaluasi terhadap faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran. Evaluasi
yang demikian memenuhi ketentuan ....
a.
Fungsi evaluasi
b.
Tujuan evaluasi
c.
Azas evaluasi
d.
Bentuk evaluas
9.
Prosedur
penilaian yang benar adalah ....
a.
Ada tujuan,
memilih alat evaluasi, melakukan pengukuran,
mencatat, pemanfaatan hasil
b.
Melakukan
pengukuran, memberi skor, menganalisa, mencatat, pemanfaatan hasil
c.
Memilih alat
evaluasi, melakukan pengukuran, memberi skor, menganalisa, mencatat,
pemanfaatan hasil
d.
Ada tujuan,
memilih alat evaluasi, melakukan pengukuran, memberi skor, menganalisa,
mencatat, pemanfaatan hasil
10.
Prinsip penilaian
yang benar harus ....
a.
objektif, adil,
terpadu, terbuka, menyeluruh, sistematis, akuntabel
b.
Sahih, objektif,
adil, terpadu, terbuka, menyeluruh, sistematis, akuntabel
c.
objektif, adil,
terpadu, terbuka, menyeluruh, sistematis
d.
Sahih, objektif,
adil, terpadu, menyeluruh, berkriteria
11.
Fungsi penilaian
hasil belajar dapat bersifat formatif, sumatif, diagnostik, penempatan. Fungsi
formatif yang dimaksud adalah ....
a.
Memberikan umpan
balik kepada guru sebagai dasar memperbaiki proses pembelajaran
b.
Menentukan nilai
kemajuan siswa
c.
Memahami latar
belakang peserta didik
d.
Menempatkan
peserta didik dalam penjurusan sesuai
kemampuan pebelajar
12.
Untuk menentukan
nilai hasil belajar sebagai bahan laporan dalam penentuan kenaikan kelas dan
kelulusan peserta didik adalah fungsi penilaian yang bersifat ...........
a.
Formatif
b.
Sumatif
c.
Diagnostik
d.
penempatan
13.
Untuk memahami
latar belakang peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dengan tujuan
sebagai dasar dalam memecahkan kesulitan dan memperbaiki hasil belajar adalah
fungsi penilaian yang bersifat ....
a.
Formatif
b.
Sumatif
c.
Diagnostik
d.
penempatan
14.
Menurut
Benyamin S. Bloom, hasil belajar dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu ....
a. Kognitif, apektif, psikomotor
b. Kognitif, apektif, respon
c. Kognitif, respon, psikomotor
d. Respon, apektif, psikomotor
15.
Internalisasi
sikap yang menunjuk pembentukan nilai dan menentukan tingkah laku peserta didik
adalah termasuk dalam domain ....
a.
Kognitif
b.
Apektif
c.
Psikomotor
d.
Respon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar