Slideshow

Sabtu, 04 Agustus 2012

CONTOH SOALUKG 
ramgusti@yahoo.com

Berilah tanda silang pada jawaban yang paling benar dari sejumlah pilihan jawaban yang tersedia..


1.     Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
a.     pengukuran
b.    pensekoran
c.     penilaian
d.    pengujian
e.     evaluasi

2.     Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
a.     pengukuran
b.    pensekoran
c.     penilaian
d.    pengujian
e.     evaluasi

3.     Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
a.                                         ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
b.                                        menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c.                                         ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
d.                                        dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
e.                                         dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;

4.     Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
a.                                         sahih (valid)
b.                                        objektip,
c.                                         adil,
d.                                        kooperatip;
e.                                         terpadu.

5.     Ke­mam­puan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat ber­bentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a.     kognitif
b.    afektif
c.     psikomotor
d.    psikologis
e.     kepribadian


6.     Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a.     dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan langsung;
b.    bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal,
c.     dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
d.    lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.
e.     hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;

7.     Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a.     lisan
b.    prkatik/kinerja
c.     penugasan
d.    portofolio
e.     penilaian diri

8.     Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a.     menentukan tujuan penilaian
b.    memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c.     menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau  keduanya
d.    menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e.     menentukan kriteria ketuntasan minimal

9.     Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a.     urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b.    kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c.     relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain,
d.    keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari­-hari.
e.     ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

10.  Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:
a.     menentukan tujuan tes;
b.    menentukan kompetensi yang akan diujikan;
c.     menentukan materi yang diujikan;
d.    menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e.     menyusun kisi-kisi;
11.  Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a.     ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b.    ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c.     ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d.    ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e.     ingatan, pemahaman,  aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

12.  Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain
      psicomotor dengan urutan berikut.
a.     persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai.
b.    persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai
c.     persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai
d.    persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin, mekanisme; organisasi, dan karakterisasi dari nilai
e.     persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai

13.  Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan Gronlund, kecuali:
a.     membandingkan
b.    menjelaskan
c.     hubungan sebab-akibat
d.    memberi alasan..
e.     meringkas

14.  Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
a.     ingatan
b.    analisis
c.     perbandingan
d.    penyimpulan
e.     mencipta

15.  Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali:
a.     soal harus sesuai dengan indikator.
b.    setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan.
c.     materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran.
d.    ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e.     materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar