CONTOH SOAL UKG ONLINE
VERSI : ramgusti@blodspot.com
I. Pilih satu jawaban yang paling tepat dengan memberi silang pada soal berikut !
1. Suatu alat yang berisi serangkaian tugas / soal-soal yang harus dikerjakan / dijawab untuk mengukur tingkat kompetensi peserta didik disebut ....
a. Tes c. Pengukuran
b. Evaluasi d. Penilaian
2. Suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kualitas sesuatu (peserta didik, guru, sarana sekolah, dsb) disebut ...
a. Tes c. Pengukuran
b. Evaluasi d. Penilaian
3. Suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik berdasarkan kriteria yang ada disebut ....
a. Tes c. Pengukuran
b. Evaluasi d. Penilaian
4. Suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dan arti) dari sesuatu berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan disebut …..
a. Tes c. Pengukuran
b. Evaluasi d. Penilaian
5. Untuk membantu peserta didik, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan peserta didik, menilai efektivitas strategis pembelajaran, menilai dan meningkatkan program kurikulum, menurut Kellough dalam Swearingen(2006) adalah tujuan dari ....
a. Tes c. Pengukuran
b. Evaluasi d. Penilaian
6. Sebagai alat ukur terhadap tingkat kemampuan pebelajar dalam menguasai materi pelajaran yang telah disampaikan, adalah fungsi dari ....
a. Tes c. Pengukuran
b. Evaluasi d. Penilaian
7. Pada proses pembelajaran, guru mengajukan pertanyaan-pertanyanaan lisan kepada pebelajar untuk mengevaluasi apakah mereka dapat mengerti materi yang menjadi pembahasan. Pilihan pertanyaan lisan tadi didasarkan atas ....
a. Fungsi evaluasi
b. Tujuan evaluasi
c. Azas evaluasi
d. Bentuk evaluasi
8. Dengan melaksanakan tes formatif, guru bermaksud mendapatkan umpan balik hasil evaluasi terhadap faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran. Evaluasi yang demikian memenuhi ketentuan ....
a. Fungsi evaluasi
b. Tujuan evaluasi
c. Azas evaluasi
d. Bentuk evaluas
9. Prosedur penilaian yang benar adalah ....
a. Ada tujuan, memilih alat evaluasi, melakukan pengukuran, mencatat, pemanfaatan hasil
b. Melakukan pengukuran, memberi skor, menganalisa, mencatat, pemanfaatan hasil
c. Memilih alat evaluasi, melakukan pengukuran, memberi skor, menganalisa, mencatat, pemanfaatan hasil
d. Ada tujuan, memilih alat evaluasi, melakukan pengukuran, memberi skor, menganalisa, mencatat, pemanfaatan hasil
10. Prinsip penilaian yang benar harus ....
a. objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh, sistematis, akuntabel
b. Sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh, sistematis, akuntabel
c. objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh, sistematis
d. Sahih, objektif, adil, terpadu, menyeluruh, berkriteria
11. Fungsi penilaian hasil belajar dapat bersifat formatif, sumatif, diagnostik, penempatan. Fungsi formatif yang dimaksud adalah ....
a. Memberikan umpan balik kepada guru sebagai dasar memperbaiki proses pembelajaran
b. Menentukan nilai kemajuan siswa
c. Memahami latar belakang peserta didik
d. Menempatkan peserta didik dalam penjurusan sesuai kemampuan pebelajar
12. Untuk menentukan nilai hasil belajar sebagai bahan laporan dalam penentuan kenaikan kelas dan kelulusan peserta didik adalah fungsi penilaian yang bersifat ...........
a. Formatif
b. Sumatif
c. Diagnostik
d. penempatan
13. Untuk memahami latar belakang peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dengan tujuan sebagai dasar dalam memecahkan kesulitan dan memperbaiki hasil belajar adalah fungsi penilaian yang bersifat ....
a. Formatif
b. Sumatif
c. Diagnostik
d. penempatan
14. Menurut Benyamin S. Bloom, hasil belajar dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu ....
a. Kognitif, apektif, psikomotor
b. Kognitif, apektif, respon
c. Kognitif, respon, psikomotor
d. Respon, apektif, psikomotor
15. Internalisasi sikap yang menunjuk pembentukan nilai dan menentukan tingkah laku peserta didik adalah termasuk dalam domain ....
a. Kognitif
b. Apektif
c. Psikomotor
d. Respon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar