Slideshow

Kamis, 24 November 2011

ABSTRAK "GENERATIF"


ABSTRAK


IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS KONTEKSTUAL 
SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN  PRESTASI BELAJAR KIMIA  
SISWA SMA NEGERI 1 RENDANG
TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Oleh : I Gusti Ngurah Mataram, S.Pd, M.Si, NIP. 19700430.199802.1.005

==========================================================

Kurikulum berfungsi sebagai tolak ukur dalam keberhasilan suatu pendidikan disamping juga sebagai pembenahan dalam menata, merancang kualitas pendidikan generasi muda. Namun demikian, temuan menunjukkan bahwa  rendahnya kualitas proses pembelajran yang bermuara pada rendahnya pencapaian kompetensi dasar siswa kelas XF SMA Negeri 1 Rendang tahun Pelajaran 2008/2009. Secara khusus penelitian ini bertujuan unutk meningkatkan kompetensi dasar siswa pada aspek  kognitif dalam pembelajaran kimia, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subyek sebanyak 44 orang siswa kelas XF SMA Negeri 1 Rendang tahun Pelajaran 2008/2009. Objek penelitia ini adalah 1. Kompetensi dasar pada aspek kognitif, dan 2. Respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Data aspek kognitif dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda diperluas dan respon siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia, dapat meningkatkan kompetensi dasar pada aspek kognitif siswa, yaitu dari nilai rata-rata sebesar 68,07 pada siklus I menjadi 72,12 pada siklus II, keduanya berada pada kategori tinggi. Respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia dengan nilai rata-rata dari 53,36 dengan katagori positif pada siklus I dan menjadi 60,66 dengan katagori sangat positif pada siklus II. 
Kata kunci: pembelajaran generatif, Pendekatan Kontekstual, Aspek Kognitif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar