Slideshow

Kamis, 24 November 2011

Materi Perkuliahan EP


MATERI PERKULIAHAN
EVALUASI PENGAJARAN

(I Gusti Ngurah Mataram, S.Pd. M.Si)
ramgusti@yahoo.com, 081338157123

A. Pengantar
Evaluasi pembelajaran merupakan rangkaian dari mata kuliah yang dijabarkan dari pengembangan kompetensi pedagogik/andragogik atau kemampuan dalam melakukan pembelajaran. Kompetensi ini merupakan kekhasan dalam pengembangan profesi sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan. Atas dasar tersebut mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang bagaimana melakukan evaluasi yang benar yang didasarkan atas pemahaman evaluasi pembelajaran secara konseptual, pemahaman tentang pengembangan dan pemilihan alat evaluasi, pemahaman tentang cara melakukan evaluasi, pemahaman cara melakukan pengumpulan data, pemahaman cara mengolah dan melakukan analisis data, pemahaman dalam melaporkan dan menyusun rekomendasi dari evaluasi yang telah dilakukan.
Untuk mencapai pemahaman di atas, para mahasiswa diharapkan mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan tugas sesuai dengan pengalaman belajar yang akan dikuasai oleh mahasiswa.

KOMPETENSI
Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai dan terampil dalam melakukan evaluasi pembelajaran dalam satuan pendidikan yang didukung oleh sikap positif dan objektif dalam setiap tahapan evaluasi yang dilakukan.

Kompetensi Dasar:
Mahasiswa memiliki kemampuan dalam hal :
  1. Mendefinisikan evaluasi pembelajaran
  2.  Mengembangkan alat evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, baik berupa tes maupun bukan tes.
  3. Menguji alat evaluasi berdasarkan kaidah validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan berbagai pendekatan.
  4. Mengolah dan menganalisis data hasil alat evaluasi, baik berupa hasil tes maupun hasil bukan tes.
  5.  Menyusun laporan dan memberikan rekomendasi hasil evaluasi terhadap para pengambil kebijakan yang berkepentingan.

B.  Tujuan
Setelah perkuliahan berakhir, mahasiswa diharapkan dapat :
  1. Menjelaskan konsep dasar evaluasi pengajaran
  2. Menjelaskan konsep dasar standar penilaian
  3. Menjelaskan standar penilaian menurut SNP
  4. Menjelaskan karakteristik, model dan pendekatan evaluasi pembelajaran
  5. Menjelaskan prosedur pengembangan evaluasi pembelajaran
  6. Menjelaskan sistem pengembangan instrument evaluasi
  7. UTS
  8. Menjelaskan instrument evaluasi nontes
  9. Menjelaskan penilaian berbasis kelas
  10. Menjelaskan penilaian portofolio
  11. Menjelaskan teknik pengolahan hasil evaluasi
  12. Menjelaskan analisis kualitas tes dan butir soal
  13. Menjelaskan analisis hasil tes
  14. Menjelaskan manfaat hasil evaluasi
  15. Menjelaskan evaluasi diri dalam pembelajaran
  16. Menjelaskan observasi sebagai alat evaluasi
  17. UAS
C.        Strategi  Perkuliahan
Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui strategi:
1.      Tatap Muka di kelas
Perkuliahan dilakukan sekurang-kurangnya sebanyak 17 kali pertemuan. (termasuk UTS, UAS)
Pada kegiatan tatap muka ini dilakukan:
    1. Melakukan pengkajian dan pendalaman tentang konsep konsep evaluasi pembelajaran dan peristilahan yang terkait dengan evaluasi pembelajaran.
    2. Latihan-latihan untuk meningkatkan ketrampilan dalam menyusun, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil analisis.
    3. Pembahasan tugas yang disampaikan oleh mahasiswa.
2. Penugasan Terstruktur
Tugas terstruktur dilakukan oleh mahasiswa yang didasarkan atas perkembangan pengkajian materi yang dilakukan.
3. Belajar Mandiri
Untuk menguatkan kemampuan mahasiswa, diharapkan mahasiswa melakukan kajian mandiri yang didasarkan atas bahasan yang sedang dikaji bersama.
D.      Evaluasi
Kreteria:
  1. Kriteria evaluasi tugas kelompok dan perorangan dari aspek :
a.       Tingkat kejelasan hasil kajian,
b.      Analisis dan evaluasi penelusuran hasil penelitian dari aspek: judul penelitian, ruang lingkup, teori yang digunakan, masalah dan hipotesis penelitian, metodologi penelitian, temuan penelitian, kritik dan komentar atas hasil penelitian, judul alternalif yang akan dikembangkan.
  1. Kriteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek :
a.       Judul penelitian, ruang lingkup,
b.      Teori yang digunakan,
c.       Masalah dan hipotesis penelitian,
d.      Metodologi penelitian,
e.       Temuan penelitian,
f.       Kritik dan saran atas hasil penelitian,
g.      Judul alternalif yang akan dikembangkan, serta
h.      Rancangan usul penelitian yang akan diajukan.
  1. Presentasi kelompok ditinjau dari : teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan.
E.       Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupakan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), dengan bobot :
a.       Tugas individual dan tugas kelompok 20 %,
b.      Ujian Tengah Semester 20 % dan
c.       Ujian Akhir Semester 40%.
d.    Aspek Apektif, Psikomotor selama perkuliahan 20%

Referensi,
  1. Profesi Kependidikan
  2. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan
  3. Strategi dan Metoda Pengajaran
  4. Manajemen Berbasis Sekolah
  5. Panduan Pengembangan Profesi Guru
  6. Undang-undang RI. No. 20/2003 tentang Sisdiknas
  7. Dasar-dasar Didaktik dan Penerapannya dalam Pembelajaran
  8. Wawasan Kependidikan
  9. Inovasi Kepemimpinan dan Pemberdayaan Masyarakat
  10. Inovasi Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme
  11. Pengembangan Profesi Guru
  12. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru
  13. Filsafat Ilmu
  14. Asas-asas Kurikulum
  15. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan
  16. Evaluasi Pembelajaran
  17. Evaluasi Pengajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar