Slideshow

Jumat, 09 Maret 2012

SAP Statistik


FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 (IKIP) PGRI BALI
Alamat : Jl. Akasia, Denpasar, Telp. 0361 9106879
========================================================================
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Fakultas                       : Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi             : Pendidikan bahasa Indonesia dan Daerah
Bidang ilmu                : Pendidikan Bahasa dan Sastra Bali
Mata Kuliah                : STATISTIK
Jumlah SKS                : 2 sks
Dosen pengampu        : I Gusti Ngurah Mataram, S.Pd. M.Si
Hari terjadwal             : Sabtu
Semester/Kelas            : IV / C, D

I.         Pengantar
Statistik Pendidikan  merupakan rangkaian dari mata kuliah yang dijabarkan dari pengembangan kompetensi pedagogik/andragogik atau kemampuan dalam melakukan pembelajaran. Kompetensi ini merupakan kekhasan dalam pengembangan profesi sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan yang profesional. Atas dasar tersebut mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang bagaimana menganalisis data yang benar berdasarkan atas pemahaman hasil evaluasi secara konseptual, pengembangan dan pemilihan alat evaluasi, melakukan pengumpulan data, pemahaman cara mengolah dan melakukan analisis data.
Tujuan yang ingin dicapai  dalam pengajaran statistic pendidikan adalah 1). Agar mahasiswa dapat memahami dan mengerti beberapa istilah statistic dan manfaatnya, 2). Dapat (mampu) menggunakan statistic (sebagai alat bantu)  dalam penyusunan laporan penelitian, 3). Dapat (mampu) menggunakan rumus-rumus dan teknik-teknik analisis statistic dalam penyusunan laporan penelitian, 4). Memiliki sikap teliti dan cermat dalam menerima dan mengemukakan sesuatu
Untuk mencapai pemahaman di atas, para mahasiswa diharapkan mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan tugas sesuai dengan pengalaman belajar yang akan dikuasai oleh mahasiswa.
II.           KOMPETENSI
2.1 Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai dan terampil dalam melakukan analisis dan pengolahan data statistik dalam satuan pendidikan yang didukung oleh sikap positif dan objektif dalam setiap tahapan evaluasi yang dilakukan.
2.2 Kompetensi Dasar:
Mahasiswa memiliki kemampuan dalam hal :
1.      Memahami dan mengerti beberapa istilah statistic dan manfaatnya,
2.      Menggunakan statistic (sebagai alat bantu)  dalam penyusunan laporan penelitian,
3.      Menggunakan rumus-rumus dan teknik-teknik analisis statistic dalam penyusunan laporan penelitian,
4.      Memiliki sikap teliti dan cermat dalam analisis data statistik
  1. Mengolah dan menganalisis data hasil evaluasi
III.        Deskripsi Perkuliahan
Materi perkuliahan evaluasi pengajaran membahas tentang  :
1.      Penggolongan,cirri khas, fungsi dan kegunaan statisktik.
2.      Penggolongan dan sifat data statistic
3.      Table distribusi frekuensi dan cara pembuatannya
4.      Penggolongan, dan cara pembuatannya.
5.      Mean, median, modus
6.      Kuartil, Desil, Persentil
7.      UTS
8.      Jenis-jenis penyebaran data
9.      Arah dan Peta korelasi,
10.  Teknik analisis korelasi, pengertian, tujuan dan penggolongannya
11.  Jenis-jenis penelitian, metodologi dan tahapan penelitian
12.  Pengelompokan, metode dan instrument
13.   Jenis dan cara merumuskan/ menguji hipotesis
14.  Validitas, Cara menguji validitas
15.  Analisis dan pengolahan data kuantitatif
16.  Uji Statistik dan analisisnya
17.  UAS
IV.        Tujuan
Setelah perkuliahan berakhir, mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan penggolongan,cirri khas, fungsi dan kegunaan statisktik.
2.      Menjelaskan  penggolongan dan sifat data statistic
3.      Menjelaskan table distribusi frekuensi dan cara pembuatannya
4.      Menjelaskan penggolongan, dan cara pembuatannya.
5.      Menjelaskan mean, median, modus
6.      Menjelaskan Kuartil, Desil, Persentil
7.      UTS
8.      Menjelaskan jenis-jenis penyebaran data
9.      Menjelaskan arah dan Peta korelasi,
10.  Menjelaskan Teknik analisis korelasi, pengertian, tujuan dan penggolongannya
11.  Menjelaskan jenis-jenis penelitian, metodologi dan tahapan penelitian
12.  Menjelaskan pengelompokan, metode dan instrument
13.  Menjelaskan  Jenis dan cara merumuskan/ menguji hipotesis
14.  Menjelaskan Validitas, Cara menguji validitas
15.  Menganalisis dan pengolahan data kuantitatif
16.  Menjelaskan Uji Statistik dan analisisnya
17.  UAS

V.           Strategi  Perkuliahan
Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui strategi:
1.      Tatap Muka di kelas
Perkuliahan dilakukan sekurang-kurangnya sebanyak 17 kali pertemuan. (termasuk UTS, UAS)
Pada kegiatan tatap muka ini dilakukan:
a.       pengkajian dan pendalaman tentang konsep-konsep statistic, pengertian, jenis, pengolahan, analisis data dan manfaatnya
b.      Latihan-latihan untuk meningkatkan ketrampilan dalam menginterpretasikan hasil analisis data statistic melalui penelitian pendidikan
2. Penugasan Terstruktur
Tugas terstruktur dilakukan oleh mahasiswa yang didasarkan atas perkembangan pengkajian materi yang dilakukan.
3. Belajar Mandiri
Untuk menguatkan kemampuan mahasiswa, diharapkan mahasiswa melakukan kajian mandiri yang didasarkan atas bahasan yang sedang dikaji bersama melalui hasil penelitian
VI.   Evaluasi
Kreteria:
  1. Kriteria evaluasi tugas kelompok dan perorangan dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan pengolahan data hasil penelitian
2.      Analisis dan evaluasi penelusuran hasil penelitian
  1. Presentasi kelompok ditinjau dari : teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan hasil penelitian
VII.Hasil Evaluasi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar