Slideshow

Sabtu, 31 Agustus 2013

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PENDEKATAN TES


ABSTRAK

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PENDEKATAN TES
Oleh : I Gusti Ngurah Mataram, S.Pd. M.Si, , NIP. 19700430.199802.1.005
==========================================================
Kurikulum pada prinsipnya berfungsi sebagai tolak ukur dalam keberhasilan suatu pendidikan dan  pembenahan dalam menata, merancang kualitas pendidikan anak bangsa. Namun demikian, temuan menunjukkan bahwa  masih rendahnya kualitas proses pembelajaran yang bermuara pada rendahnya pencapaian kompetensi dasar siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek  kognitif, apektif, psikomotor siswa dalam pembelajaran kimia, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan TES untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subyek sebanyak 33 orang siswa kelas XI PSIA-3 SMA Negeri 1 Rendang tahun Pelajaran 2010/2011. Objek penelitian ini adalah  kompetensi dasar pada aspek kognitif, apektif, psikomotor dan  respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan TES. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Data aspek kognitif dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan respon siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan TES dalam pembelajaran kimia, dapat meningkatkan kompetensi dasar pada aspek kognitif siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 57,58 (33,33%) pada siklus I, 66,67 (51,52%) pada siklus II dan 76,36 (100%) pada siklus III. Pada aspek apektif diperoleh nilai rata-rata 9,47 dengan katagori cukup baik (48,48%) pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 11,20 dengan katagori  baik (57,58%) dan pada siklus III  diperoleh nilai sebesar 13,19 dengan katagori sangat baik (60,61%). Pada aspek psikomotor diperoleh nilai rata-rata 8,43 dengan katagori kurang tinggi (48,48%) pada siklus I, pada siklus II  nilai rata-rata 10,11 dengan katagori cukup tinggi (57,58%) dan pada siklus III nilai rata-rata 12,10 dengan katagori tinggi (60,61%). Demikian halnya dengan respon siswa terhadap pembelajaran melalui pendekatan TES diperoleh nilai rata-rata  37,18 dengan katagori kurang positif (57,58%) pada siklus I. Pada  siklus II diperoleh nilai rata-rata 46,36 ada pada katagori cukup positif (57,58%),  Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 55,27 dengan katagori positif (63,64%).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan TES dapat diterima siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar yang lebih baik.

Kata kunci: Pembelajaran  TES, Hasil Belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar