Slideshow

Senin, 18 November 2013

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA



IMPLEMENTASI MODEL
PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS KONTEKSTUAL 
SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN  PRESTASI BELAJAR SISWA

Oleh : I Gusti Ngurah Mataram
 ==========================================================

Kurikulum pada prinsipnya sebagai pondasi dalam keberhasilan suatu pendidikan disamping juga sebagai pembenahan dalam menata, merancang kualitas pendidikan anak bangsa. Namun demikian, temuan menunjukkan bahwa  masih rendahnya kualitas proses pembelajran yang bermuara pada rendahnya pencapaian kompetensi dasar siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan unutk meningkatkan kompetensi dasar siswa pada aspek  kognitif dalam pembelajaran kimia, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit dan reaksi reduksi dan oksidasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan su

byek sebanyak 44 orang siswa kelas XF SMA Negeri 1 Rendang. Objek penelitian ini adalah kompetensi dasar pada aspek kognitif dan respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Data aspek kognitif dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda diperluas dan respon siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia, dapat meningkatkan kompetensi dasar pada aspek kognitif siswa, yaitu dari nilai rata-rata sebesar 68,07 pada siklus I menjadi 72,12 pada siklus II, keduanya berada pada kategori tinggi. Respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran kimia dengan nilai rata-rata dari 53,36 dengan katagori positif pada siklus I dan menjadi 60,66 dengan katagori sangat positif pada siklus II.
 Kata kunci: pembelajaran generatif, Pendekatan Kontekstual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar