Slideshow

Senin, 29 November 2010

TIPS dan TRIKS MENJAWAB SOAL UN

TIPS dan TRIKS MENJAWAB SOAL  UN
(KONSEP TRIPRAMANA)

(OLEH : IGN. MATARAM, GURU KIMIA SMAN. 1 RENDANG)

Sesungguhnya apa yang ada di dunia ini adalah tiada, akan menjadi ada jika yang menyebutnya ada (Michael-Julian). Motto tersebut mengingatkan pada kita semua bahwa manusia sebagai mahkluk hidup paling sempurna diantara ciptaan Tuhan lainnya sudah sepatutnya untuk berbuat kebajikan, sebab apapun yang kita lakukan semuanya akan kembali kepada-Nya (Tuhan). Jangan pernah beranggap sebagai mahkluk sempurna selamanya, karena semua itu ada batasnya. Sebagai mahkluk sempurna yang memiliki  kemampuan lebih (dalam berpikir, berbicara dan berbuat) hendaknya digunakan untuk memperoleh pengetahuan yang baik benar yang sering disebut pramana. Pramana juga berarti cara belajar, yang dalam konsep Hindu ada tiga cara belajar  untuk mendapatkan pengetahuan sehingga dapat mengerjakan sesuatu dengan baik dan sukses yaitu berpikir (anumana pramana), melihat (praktyaksa pramana) dan berbuat (sabda pramana). 
Hal penting yang harus disiapkan dalam menjawab soal Ujian Nasioanl, tidak bisa  terlepas dari konsep Hindu (Tripramana) yaitu :
A. Berpikir (Anumana Pramana)
Pengetahun yang diperoleh dengan akal pikiran memerlukan sesuatu yang berbeda antara subyek dan obyek atau sasaran yang diamati. Sangat mustahil akan menghasilkan sesuatu tanpa melalui pemikiran. Demikian juga saat menjawab soal harus memperhatikan :
  1. Belajar dan berpikir dari sekarang,
  2. Tenang  dan percaya diri,
  3. Preview soal-soal terdahulu.
  4. Periksa ulang jawaban anda.
  5. Analisis hasil pekerjaan anda.
B. Melihat (Praktyaksa Pramana)
      Pengamatan memberikan pengetahuan tentang sasaran yang diamati menururt ketentuan yang menjadi pusat perhatian. Pengetahuan itu dimungkinkan karena adanya hubungan diantara panca indra. Dalam menjawab soal ujian hendaknya  :
  1. Perhatikan tempat duduk.
  2. Perhatikan tata tertib ujian.
  3. Lihat dan baca  soal dengan seksama.
C. Berbuat (Sabda Pramana).
Melalui pemahaman makna kata-kata sampai pada pengetahuan verbal terhadap apa yang dikerjakan, maka dalam menjawab soal ujian hendaknya :
1.      Datang lebih awal dari waktu mulai mengerjakan soal.
2.      Jangan  membawa buku pelajaran, kalkulator
3.      Kerjakan soal dari yang paling mudah
4.       Karena soal pilihan ganda, yakinkan bahwa dari kelima pilihan pastikan satu diantaranya benar.
5.      Rapikan pekerjaan. Sisakan waktu 5 menit untuk merapikan hasil pekerjaan anda,
Demikian beberapa trik dan tips menjawab soal ujian dengan konsep Hindu (Tripramana), semoga apa yang menjadi harapan anda sebagai generasi milik masa depan berhasil dan sukses.
Ingat, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda namun jangan pernah menjadi orang yang selalu gagal, sebab peluang hanya datang sekali, dan yang keduakalinya tidak akan sama dengan yang pertama. Untuk itu jangan tanyakan kegagalan  pada dirimu, tapi tunjukkan keberhasilan untuk dirimu. Keberhasilan dan kegagalan adalah dualisme yang tidak pernah bisa di pisahkan dan selalu ada disetiap kehidupan.
Jika keberhasilan (lulus ujian) mengiringi langkah anda janganlah berbangga hati, terlena dan mabuk karena keberhasilan, didepan jalan masih panjang yang banyak batu sanjungan dan krikil tajam menghadang. Demikian sebaliknya jika kegagalan (tidak lulus ujian) mendampingi langkah anda, janganlah menyesal sebab dibelakang masih banyak yang harus dibenahi,  dikerjakan, dipelajari untuk dibawa kedepan yang lebih baik.

“SELAMAT MENERAPKAN DAN SMOGA SUKSES”

1 komentar: